Kamis, 27 Mei 2010

Sunah nabi buat tubuh sehat

عن ابن عباس قال :قال رسول الله صلي الله عليه و سلم اذا اكل احدكم طعاما فلا يمسح يده حثي يلعقها او يلعقها .... مثفق عليه
Ntu hadist yang termuat di dalam kitab bulughul marom bab akhir ,yang baru beberapa hari kemaren gwe pelajari,kurang lebih artinya gini.Di riwayatkan dari ibnu ‘abbas ra. Berakata:bersabda rosullullah saw ,ketika salah satu dari kamu sekalian makan ,maka jangan usap dulu tangan mu(maksud nya jangan cuci tangan dulu)sehingga kamu mengecup sisa makanan dari nya ,atau mengambil sisa makanan yang masih tersisa.(mutttafaq alaih).

Disini kita akan memandang(pandang memandang he he)dari dua sudut , sudut agama dan sudut kesehatan. Para ulama’ memberi komentar pada hadist diatas ,yaitu alasan kenapa kok nabi bersabda demikian ,sebab setiap rizki apa saja yang diberikan ALLAH kepada kita ,kita wajib mensyukuri nya ,baik lisan maupun perbuatan .so dengan begini kita telah menghargai apa yang telah di berikan ALLAH kepada kita ,sampai tetes terakhir he he( kek iklan susu bendera aja) ibarat kita adalah tamu ,betapa senang nya tuan ruamah ketika kita di sodorkan sepiring singkong goreng, lalu dimakan dengan lahap nya .

Nasi sepiring ntu rizki gwe saat nulis postingan ini,( he he gpp kan nulis ma makan).dan di salah satu butir nasi atau di sesendok lauk sama memiliki kemungkinan menyimpan berkah , maka dari itu kalo-kalo sebutir nasi yang tersisa itu yang tidak di ambil,di situlah berkah nya ,sia-sia donk kita makan !perut kasar kita aja yang kenyang tapi perut rohani kita kelaparan klepek-klepek mampus .akibat nya ,ibadah kita jadi lemes. Baca qur’an setengah lembah udah capek .berbuat bek susah ngelakuin nya ,sholat terasa berat kek orang ngangkat beban berkwintal-kweeeeeeeeeeintal….

Yang kedua dari sudut kesehatan, gwe dapet nih pengetauan dari bacaan saat gwe beli nasi bungkus ,lah bungkus nya Koran gitu ,trus habis makan gwe iseng baca Koran nya ,so di artikel itu membuat teng! ,lonceng gwe berdentang,rupanya kenapa kok baginda nabi menyuruh kita mengecup sisa makanan di tangan setelah makan,cz melalui penelitian para ahli ujung-ujung jari kita terdapat bakteri yang bermanfaat bagi system metabolisme kita ,yaitu membantu pembusukan makanan yakni membantu organ usus besar bekarja ,mau bukti ,,, …loe Tanya kenapa? dulu, saran mantri pas gwe sunat gimana cobak? Ian….. klo gatel jangan digaruk pake kuku,ntar inveksi loch!... antum tau kan maksud saya ha ha………( karena disekitar ujung-ujung jari kita terdapat banyak bakteri pembusuk).

2 komentar:

Kang ToPu mengatakan...

Kalu boleh nambahin yang mudah ja deh....

Yang wajib ntu, sholat yang teratur selepas adzan di kumandangkan juga dapat membuat tubuh menjadi sehat lho....

Hehehehe..........

bang ian mengatakan...

betul itu kang,tpi kek nya gwa lebih suka jelasin yg sunah dech.. soal nya,klo yg wajib mah,itu kan kebanyakan ta'abudi, dan tidak bisa tidak kita mesti ngelakuin nya, beda klo sunah biasa nya butuh suatu suntikan dorongan buat ngelakuin nya..ok...sukron dah koment...ehh bdw.. solat pada awal waktu nya (selepas azdan) kan juga sunah itu kang he he.افضل الصلاة في اول وقتها

Posting Komentar

 

Browse

Read more: http://www.maspeypah.co.cc/2010/02/cara-menambah-back-to-top-pada-blog.html#ixzz0k8cHfCbE