Sabtu, 07 Agustus 2010

Manfa'at puasa

Punya adek kecil di rumah,klo sedang sakit disuruh makan obat susah sekali,apa sebab dia begitu,?sebab si adek gag tau atau belum tau manfa’at obat bagi kesembuhan nya,yang dia tau obat ntu gag enak, pait rasa nya ..yaa jadi gitu deh… susah klo di suruh makan….

Nah,begitulah ilustrasinya puasa terhadap kita.. yang kita tahu puasa itu bikin lemes, laper ,haus dll pokoke sesatu yang menjengkelkan….tapi sebenarnya puasa itu sangat besar manfa’at nya sama kyk ibadah yang laen…baik dari segi jasmani dan rohani. Seperti hal nya yang telah termaktub dalam alqur’an(buku favorite guw) surah al-baqoroh ayat 184 :
و ان تصوموا خير لكم ان كنتم تعلمون(البقرة:183-184

Artinya: “dan andai kalian memilih puasa tentulah itu lebih baik bagi kalian jika kalian mengetahui”.

Yok kita cuplik sedikit saja manfa’at puasa ,biar sedikit bisa mendongkrak semangat kita,dan bahwa kitalah yang sebenarnya yang butuh puasa,disamping sebagai perintah Allah SWT.karena kita adalah hambanya yang harus patuh terhadap semua perintah dan larangannya.

Manfa’at dari segi jasmani yang guw baca dari buku terbitan darul hikmah,banyak sekali ,tapi disini guw sebutkan satu saja yang tampak nyata yaitu.. bisa buat diet gartis tis tis….
Puasa adalah ‘dokter’ free buat ngerampingin badan sebab puasa bisa menurunkan berat badan secara signifikan,dengan catatan ketika berbuka puasa memakan makanan dengan menu seimbang dan tidak mengkonsumsi makanan dan minuman secara langsung ketika berbuka.hal ini tak keluar dari apa yang diajarkan oleh rasulloh SAW.bahwa rasululloh ketika memulai ifthor (berbuka)dari puasa adalah dengan memakan beberapa biji kurma dan bukan dengan yang lainnya atau denga seteguk air putih lau shalat.

Inilah petunjuk yang diajar kan nabi.dan ini adalah sebaik-baiknya petunjuk bagi orang yang berpuasa dari makanan dan minuman untuk waktu yang lama.maka,gula yang ada dalam kurma dan orang yang memakannya akan merasa kenyang,sebab kurma sangat mudah dicerna dan dikirim kedalam darah,dan pada sa’at yang sama kurma memberikan energy atau kekuatan kepada badan.lain halnya seseorang ketika berbuka puasa ia langsung makan daging,sayur,dan roti,maka tubuh memerlukan waktu yang lumayan lama untuk bisa mencerna dan menyerap sari makanannya dan baru kemudian ia merasa kenyang .dan pada saat seperti ini,seseorang ketika awal-awal berbuka akan tetap merasa lapar.dan akhirnya orang yang berpuasa itu kurang memperoleh manfa’at langsung dari puasa nya,yaitu memperoleh kesehatan ,afiat,dan vitalitas ,bahkan ia akan tetap kebanyakan lemak dan kegemukan.
Selanjutnya dari segi rohani… nah yang ini juga gag kalah buanyaknya…guw sebutkan secara ringkas saja.
1. Sebagai perujudan rasa syukur kita terhadap Allah SWT.
2. Mengajari jujur dalam mengemban tugas amanah,karena puasa adalah amanah yang telah di wajibkan Allah SWT.
3. Mengajari diri untuk membiasakan kesabaran.
4. Untuk membedakan antara nafsu manusia dan hewan.
5. Menbiasakan berlaku disiplin.
6. Mencerdaskan akal pikiran
7. Orang kaya agar tahu seberapa besarnya nikmatnya Allah yang telah di limpahkanNYA kepada dia.dll…

Kalo kurang jelas isi postingan diatas bisa komentar di bawah ini… insya Allah akan saya jawab jika saya bisa.ok…

0 komentar:

Posting Komentar

 

Browse

Read more: http://www.maspeypah.co.cc/2010/02/cara-menambah-back-to-top-pada-blog.html#ixzz0k8cHfCbE